Sabtu, 26 November 2011

Konsep sistem dan sistem informasi pada organisasi dan manajemen perusahaan

Konsep sistem dan sistem informasi pada organisasi dan manajemen perusahaan

A.LATAR BELAKANG

Pada dasawarsa ini dunia diramaikan dengan berbagai informasi, bahkan dalam dunia organisasi dan perusahaan sekalipun. Pada pembahasan ini kita akan membahas “Konsep sistem dan sistem informasi pada organisasi dan manajemen perusahaan”. Dalam pembahasan ini setidaknya kita harus mengerti apa pengertian dari sistem itu sendiri. Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan dengan seperangkat unsur-unsur yang tediri dari manusia, alat, konsep dan prosedur yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama.
Suatu sistem pasti mempunyai tujuan atau sasaran, apabila suatu sistem tidak memiliki tujuan atau sasaran tertentu maka operasi sistem itu tidak akan ada gunanya. Konsep sistem dan sistem informasi pada organisasi dan manajemen perusahaan merupakan sebuah cara dalam suatu organisasi dan manajemen perusahaan untuk memperoleh atau mendapatkan suatu informasi sebanyak-banyaknya. Jika mereka tidak memperoleh atau mendapatkan suatu informasi maka suatu organisasi dan perusahaan tidak akan ada atau jalan dengan sebagaimana mestinya. Karena dalam suatu organisasi dan perusahaan informasi sangat penting untuk kelangsungan suatu organisasi dan perusahaan itu.


B.TUJUAN MASALAH

Untuk mengetahui bagaimana konsep sistem dan sistem informasi yang digunakan oleh suatu organisasi dan perusahaan.

C.BATASAN MASALAH

Dari uraian latar belakang masalah diatas maka dapat diberi batasan masalah,sebagai berikut:
“Konsep sistem dan sistem informasi pada organisasi dan manajemen perusahaan”.

TINJAUAN PUSTAKA


Definisi Sistem

Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan dengan seperangkat unsur-unsur yang tediri dari manusia, alat, konsep dan prosedur yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama.
Ciri utama dari sebuah sistem adalah berorientasi untuk mencapai tujuan. Tujuan itu dapat disebut menciptakan nilai dengan mengkombinasikan sumber daya dengan cara-cara tertentu. Tiap sistem sebenarnya mempunyai tujuan ganda, namun salah satu biasanya dijadikan prioritas utama sehingga perlu untuk menentukan urutan prioritas. Pentingnya menentukan prioritas, salain banyaknya tujuan kadang-kadang tujuan-tujuan tersebut dapat saling bertentangan satu sama lain.

Definisi Sistem Informasi:
Suatu sistem terintegrasi yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi penggunanya.

Atau ;

Sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisas dan perusahaani.
Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual, model manajemen dan basis data (data base).


Dari definisi di atas terdapat beberapa kata kunci :

1. Berbasis komputer dan Sistem Manusia/Mesin
- Berbasis komputer: perancang harus memahami pengetahuan komputer dan pemrosesan informasi
- Sistem manusia mesin: ada interaksi antara manusia sebagai pengelola dan mesin sebagai alat untuk memroses informasi. Ada proses manual yang harus dilakukan manusia dan ada proses yang terotomasi oleh mesin. Oleh karena itu diperlukan suatu prosedur/manual sistem.
2. Sistem basis data (data base) terintegrasi
- Adanya penggunaan basis data (data base) secara bersama-sama (sharing) dalam sebuah data base manajemen system.
3. Mendukung Operasi
- Informasi yang diolah dan dihasilkan, digunakan untuk mendukung operasi organisasi.

Istilah Sistem Informasi
Manajemen Information System
Information Processing System
Information Decision System
Information System.

Semuanya mengacu pada sebuah sistem informasi berbasis komputer yang dirancang untuk mendukung operasi, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan suatu organisasi dan perusahaan.

BAB III

ISI



Menurut Robert A. Leitch:
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi dan perusahaan yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

karakter Sistem Informasi
1. sistem informasi memiliki komponen berupa subsistem yang merupakan elemen elemen yang lebih kecil yang membentuk sistem informasi tersebut misalnya bagian input, proses, output
contoh bagian input adalah salesman memasukkan data penjualan bulan ini. maka di sana terdapat manusia yang melakukan pekerjaan input, dengan menggunakan hardware keyboard, dan menggunakan interface sebuah aplikasi laporan penjualan yang sudah di sediakan oleh sistem informasi tersebut.
2. ruang lingkup sistem informasi yaitu ruang lingkup yang ditentukan dari awal pembuatan yang merupakan garis batas lingkup kerja sistem tersebut, sehingga sistem informasi tersebut tidak bersinggungan dengan sistem informasi lainnya.
3. tujuan sistem informasi adalah hal pokok yang harus ditentukan dan dicapai dengan menggunakan sistem informasi tersebut, sebuah sistem informasi berhasil apabila dapat mencapai tujuan tersebut.
4. lingkungan sistem informasi yaitu sesuatu yang berada diluar ruang lingkup sistem informasi yang dapat mempengaruhi sistem informasi, hal ini turut dipertimbangkan pada saat perencanaan sistem informasi.
KLASIFIKASI SISTEM



Aplikasi = program + prosedur pengoperasian.
PENERAPAN SISTEM INFORMASI DALAM AKTIVITAS MANUSIA, ANTARA LAIN:


Sistem reservasi pesawat terbang: digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan/pembelian tiket
Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor sehingga dapat digunakan untuk memantau hutang para pelanggan
Sistem biometric yang dapat mencegah orang yang tak berwenang mengakses informasi yang bersifat rahasia dengan cara menganalisa sidik jari atau retina mata
Sistem POS (point-of-sale) yang diterapkan pada pasar swalayan dengan dukungan pembaca barcode untuk mempercepat pemasukan data
Sistem telemetri atau pemantauan jarak jauh yang menggunakan teknologi radio,
misal untuk mendapatkan suhu lingkungan pada gunung berapi atau memantau getaran pilar jembatan rel kereta api.
Sistem berbasiskan kartu cerdas (smart card) yang dapat digunakan oleh juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien
Sistem yang dipasang pada tempat-tempat public yang memungkinkan seseorang mendapatkan informasi seperti hotel,tempat pariwisata,pertokoan dll.
Sistem layanan akademis berbasis web
Sistem pertukaran data elektronis (Electronic Data Interchange / EDI) yang memungkinkan pertukaran dokumen antar perusahaan secara elektronis dan data yg terkandung dalam dokumen dapat diproses secara langsung oleh komputer
E-government atau system informasi layanan pemerintahan yang berbasis internet.
SISTEM INFORMASI PADA PERUSAHAAN


APA SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN ITU?

• Adalah suatu sistem berbasis komputer yang dapat melakukan semua tugas akuntansi standar bagi semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi.
• Disebut juga EntIS (Enterprise Information System)
• Pengertian lain :Platform teknologi yang bisa menyatukan semua informasi dari berbagai bagian menjadi satu informasi secara logical, sehingga perusahaan/organisasi mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah.




Kebutuhan Sistem Informasi pada Perusahaan dan Organisasi


Semua organisasi membutuhkan aliran informasi yang membantu manajer untuk mengambil bermacam keputusan yang dibutuhkan. Aliran informasi ini diatur dan diarahkan dalam suatu sistem informasi. SI berperan dalam proses pengambilan keputusan operasional harian sampai perencanaan jangka panjang. Sebelum komputer ada, SI sudah menjadi kebutuhan organisasi dan perusahaan. Berarti SI tidak selamanya berbasis komputer. Namun dengan berkembangnya fungsi komputer, SI saat ini umumnya didukung penuh oleh komputer. Dengan demikian istilah SI lebih sering berarti sistem informasi berbasis komputer. SI berbasis komputer mempunyai 6 bagian: hardware, software, data/informasi, prosedur, komunikasi dan orang.
SI ditentukan dalam perusahaan bergantung pada sifat dan struktur bisnisnya. Ini berarti SI bersifat modifikatif terhadap kebutuhan organisasi dan perusahaan. Komponen prosedur dalam SI berkaitan dengan prosedur manual dan prosedur berbasis komputer serta standar untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna. Suatu prosedur adalah urutan langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan satu atau lebih aktifitas pengolahan informasi. Pengolahan informasi ini dapat dikerjakan dengan pengguna / kombinasi pengguna dan staff TI. Suatu bisnis terdiri dari berbagai macam prosedur yang digabungkan secara logis untuk membentuk suatu sistem.Contoh sistem yang umumnya ada dalam suatu organisasi adalah sistem penggajian, personalia, akuntansi dan gudang. Data mengalir dari bermacam sumber seperti: konsumen yang membeli produk / layanan, penjual yang menyediakan barang, bank, agen pemerintah dan agen asuransi. Sistem informasi membantu organisasi mengolah data tersebut menjadi informasi yang lengkap dan berguna.
Keterbatasan kemampuan Manusia sebagai Pengolah Informasi

Mengingat jumlah data yang banyak dan sangat bervariasi serta keterbatasan kemampuan manusia, maka sering dilakukan pemampatan atau peringkasan data. Meskipun ada peningkatan terhadap prestasi keputusan, tetapi para pengambil keputusan merasa kurang yakin terhadap apa yang diputuskannya.
Banyak peristiwa yang merugikan pada sistem informasi manajemen yang disebabkan oleh kekurangyakinan petugas pengolah data terhadap pelaksanaan tugasnya.
Mereka meragukan apakah pekerjaannya telah dilaksanakan atau belum.
BAB IV

PENUTUP

Konsep sistem dan sistem infomasi pada organisasi dan management perusahaan pada dasarnya ialah membahas tentang suatu penyelesaian masalah yang cara penyelesaiannya dengan menggunakan elemen-elemen yang terintegrasi untuk mencapai atau menyelesaikan masalah yang di maksud. Sistem sendiri mempunyai beberapa klasifikasi dalam pengertiannya. Contoh dalam pembuatan sistem pada perusahaan kita bisa mulai dengan subsistem, dan dari subsistem itu di bagi atas subsubsistemlagi, yaitu: penyesuaianfile daftargajipersonalia, laporan-laporanpersonalia, daftargajiharian, daftargajibulanan, lap. Daftargajiuntukmanajemen. Sistem juga dapat di sederhanakan dan tak lupa menggunakan feedback control agar dapat di kendalikan. Dan sistem ini yang sangat di butuhkan semua perusahaan, walaupun belum sempurna, tapi setidaknya sangat membantu.

DAFTAR PUSTAKA


Modul Pengantar Teknologi Informasi, karangan Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS

Sistem Informasi Perusahaan (EntIS), oleh Agastya W. Harjunadhi dan Dinda Fitriasari

http://www.scribd.com

http://www.google.co.id

http://fitrinurlaelasari.blog.upi.edu/2009/07/06/karya-tulis-ilmiah/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar